Bandung, 8 November 2023 – Direktorat Inovasi dan Korporasi Universitas Padjadjaran (UNPAD) menjadi pusat inspirasi bagi penggiat inovasi dengan menggelar Workshop Pekan Inovasi. Acara ini, yang berlangsung mulai 8 hingga 10 November 2023, di Pullman Hotel menyajikan rangkaian kegiatan intensif yang dirancang untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang pengelolaan inovasi dan komersialisasi.

Day 1: Membangun Terobosan Melalui “Playing Field”
Workshop dibuka dengan registrasi pada pukul 08.00, diikuti oleh sambutan hangat dari Rektor atau Wakil Rektor III UNPAD. Pukul 09.00, Direktur Inovasi dan Korporasi UNPAD, Acara inti dimulai oleh Coach SBM (certified) Wusda Hetsa W., memaparkan pentingnya memahami pasar dan membangun produk yang relevan dalam sesi pertama berjudul “Playing Field.” Materi yang disajikan meliputi analisis kebutuhan pasar, segmentasi, targeting, pengembangan produk, hingga potensi pasar dan inovasi.

Sesi kedua pada pukul 13.00 – 15.00 melibatkan pemateri yang sama, Wusda Hetsa W., dengan fokus pada “Market Landscape.” Peserta diajak untuk memahami konsep pemasaran, unique value proposition (UVP), distribusi, serta merancang model bisnis melalui Business Model Canvas (BMC).

Day 2: Mengoptimalkan Operasional dan Presentasi Efektif
Pada hari kedua, peserta diajak memahami aspek keberlanjutan bisnis dalam “Operational Profitability.” Materi yang disampaikan melibatkan diskusi tentang biaya tetap vs biaya variabel, manajemen sumber daya, dan keberlanjutan bisnis.

Sesi berlanjut dengan pelatihan presentasi dan role-play dalam “Role Play Presentation Board – Pitching” untuk meningkatkan keterampilan presentasi dan kemampuan menjelaskan ide secara persuasif.

Pada sore harinya, para peserta mendapatkan berbagai tips dan trik dalam mengelola dana dari PMO Kedaireka Kemenristekdikti. Sharing session dilanjutkan dengan pengalaman dua dosen UNPAD yang berhasil meraih Kedaireka pada tahun 2023: Riezki Amalia, S.Si., M.Si., Ph.D., dan Dra. Asri Peni Wulandari, MSc., PhD.

Day 3: Puncak Acara dengan “Business Matching”
Pada hari terakhir, acara ditutup dengan sesi “Business Matching, Business Dealing, dan Researcher Matching” untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk menjalin kemitraan bisnis dan penelitian. Acara ini berlangsung dari pukul 08.30 hingga 11.30, diakhiri dengan makan siang dan penutupan. Business dealing berhasil membuahkan kerjasama antara Prof. Ratu sebagai inventor dengan pihak mitra PT.CENDO untuk inovasi Herbal Secang.

Workshop Pekan Inovasi UNPAD diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan yang berharga tetapi juga merangsang kreativitas dan kolaborasi di antara para peserta, membawa inovasi dan komersialisasi ke tingkat baru.

Share This

Share This

Share this post with your friends!