Deskripsi singkat.
Laboratorium di perguruan tinggi merupakan salah unit penghasil limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) yang utama sebagai akibat dari aktivitas yang berhubungan dengan Tri dharma perguruan tinggi. Dari 16 Fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran, 10 diantaranya merupakan fakultas Ilmu eksakta, dengan jumlah laboratorium yang ada di seluruh fakultas eksakta dan satu direktorat berjumlah 115 Laboratorium. Dari 115 laboratorium berdasarkan survey melaui google form yang dilakukan pada bulan Agustus 2020 terdapat 60 laboratorium responden yang mengisi survey dan menghasilkan limbah dengan katagori limbah domestic, B3, limbah medis dan limbah biohazard.
Selama ini belum ada sosialisasi, aturan dan garis koordinasi yang jelas dalam hal pengelolaan limbah B3 di lingkungan Unpad. Untuk itu perlu dilakukan pembenahan agar proses koordinasi pemilahan dan pembuangan limbah B3 yang dihasilkan oleh laboratorium menjadi tepat dan tidak menimbulkan masalah terhadap kemananan dan keselamatan kerja serta terhadap lingkungan.
Dalam proposal ini akan dibuat system manajemen terhadap limbah B3 yang dihasilkan laboratorium dengan mengkoordinasikannya dengan pihak yang terkait di lingkungan Universitas Padjadjaran dan juga teknis pelaksanaan pemilahan limbah B3 mulai dari laboratorium sebagai penghasil limbah, penyeragaman system pendokumentasian pemilahan limbah cair B3, teknis dan garis koordinasi yang diterapkan untuk setiap unit penghasil limbah yang berada di lingkungan universitas Padjadjaran, mungkin di masa mendatang Unpad dapat membuat unit pengolahan limbah B3 sendiri, yang dapat dimanfaatkan dalam menangani limbah B3 di lingkungan Universitas Padjdjaran sendiri ataupun dapat juga dijadikan unit bisnis pengolahan limbah B3 di sekitar Jatinangor bahkan kabupaten Sumedang.

Kegunaan/manfaat,
a. Manajemen pengelolaan limbah cair B3 di Universitas Padjadjaran

Prediksi sebelum dan sesudah adanya produk ini,
Kondisi sebelum :
a. Belum ada pelatihan dan sosialisasi cara penanganan limbah laboratorium khususnya limbah B3
b. Belum adanya aturan dan koordinasi yang jelas tentang pembuangan limbah B3
c. Pemilahan lilmbah B3 belum seragam, masing-masing laboratorium memiliki aturan sendiri, sehingga pengelompokan limbah tidak seragam
d. Belum ada tempat yang memadai dan sesuai untuk menyimpan sementara limbah B3 baik di lingkungan laboratorium maupun tingkat diatasnya (Fakultas/Universitas).

Kondisi yang diharapkan :
a. terdapat aturan dan garis koordinasi yang jelas tentang pengelolaan limbah B3 di lingkungan Universitas Padjadjaran
b. ada pelatihan dan sosialisasi dalam pemilahan limbah B3 di laboratorium
c. ada keseragaman cara memilah limbah B3 se-Unpad sehingga memudahkan dalam menyimpanan sementara
d. terdapat tempat yang memadai dan sesuai dengan aturan penyimpanan limbah B3.

Target pemakai
a. laboratorium penghasil limbah
b. pihak terkait : Kantor K3L dan Direktorat sarana dan prasarana.

Tia Amina Setiawati, S.Si.,M.Si
Agus Gunawan, A.Md

Ini adalah produk Hibah Inovasi dan Kreasi Tenaga Kependidikan Universitas Padjadjaran (HIKTU)
Program Inovasi dan kreasi untuk membangun budaya inovatif tendik Unpad dan untuk menjawab permasalahan serta kendala yang dihadapi saat bertugas.

Share This

Share This

Share this post with your friends!